Senin, 26 Januari 2009

Rocky Marciano


ROCCO FRANCIS MARCHEGIANO
b. September 1, 1923
d. August 31, 1969

WON
49

LOST
0

DRAWS
0

KO'S
43


Rocky Marciano

Rocky Marciano adalah salah satu juara dunia tinju terbesar , dia tak terkalahkan selama karir bertinjunya, kata Sonny Liston

Lahir tanggal 1 September 1923 di Brockton, Massachuset, dengan nama Rocco Marchegiano, dari perkawinan sepasang turunan Italia yang melarat yang menetap di Brockton. Ayahnya, Pasquale adalah pekerja pada pabrik sepatu, sedangkan Rocco ketika dinas militer sempat berlatih tinju. Tak seorangpun yang mengirqa bahwa Rocco bisa jadi petinju handal, karena ukuran tubuhnya yang pendek untuk kelas berat. Rocco lebih suka bermain baseball dengan lemparannya tangan kanannya yangcepat dan tajam. Selama menjalankan dinas militernya di Inggris, Allie Colombo, teman Rocco melihat bakat bertinjunya amat baik, Terutama pukulan kanan Rocco yang kemudian bernama Rocky Maciano amat istimewa.

Al Weill, manager tinju New York mencari pelatih kenamaan waktu itu, Charley Goldman.yang memiliki karir bertinju sebanyak 300 ronde di kelas bantam. Goldman melihat bakat luarbiasa dari Rocco dan mereka berlatih dibawa pengawasan Goldman. Marciano berlatih mengarahkan keistimewaan yang dimilikinya lewat pukulan tangan kanannya yang bisa memukul dengan lurus (straight) dan mengkait (hook) dengan kecepatan dan kekuatan yang luarbiasa.

Karir tinju pro Marciano pada tahun pertama yaitu tahun 1948 sudah membukuan 11 kemenangan yang mencengangkan. 8 lawan-lawannya dipukul KO pada ronde pertama dari 11 kali bertanding, Pada tahun kedua yaitu tahun 1949, Marciano tak terkalahkan dari 13 kali bertanding dan 11 diantaranya dengan kemenangan KO. Setiap gedung tempat Rocky Marciano bertanding senantiasa penuh dan bayarannyapun naik secara pasti.Titik awal sukses luarbiasa Marciano adlah ketika melawan Rolan LaStarza di Madison Squre Garden, New York, yang ditonton oleh 13.658 penonton. Melalui pertandingan eliminasi melawan Lee Savold dan Harry Mathews, ahirnya Rocky Marciano berkesempatan untuk menantang juara dunia Jersey Joe Walcott. Jersey Joe Walcot sudah cukup tua waktu itu ketika merebut gelar juara dunia tinju kelas berat. Pertandingan Marciano-Walcott pada tanggal 23 September di Philadelphia semula sempat mencemaskan kubu Marciano. Pada ronde pertama Rocky Marciano sempat terjatuh dipukul oleh Walcott dan kalah angka hingga ronde ke-12. Pada ronde ke-13, hook kanan Mariano menghantam rahang Walcott. Jersey Joe Walcott tidak dapat bangkit setelah tersungkur dilantai ring. Jersey Joe Walcott masih yakin bisa mengalahkan Marciano dan minta pertandingan ulang. Kembali pukulan kanan keras menghantam kepala Walcott pada ronde pertama dan tak dapat bangkit lagi.

Rocky Marciano tak terkalahkan selama karir bertinjunya, bertanding sebanyak 49 kali, menang 49 kali, tidak ada seri, apalagi kalah. Rocky Marciano meninggal dunia pada tanggal 31 Agustus 1969, setelah pesawat terbang Cessna yang membawanya jatuh di Des Moines.

Kejuaraan tinju dunia kelas berat yang dilakukan oleh Rocky Marciano melawan;

Jersey Joe Walcott, Philadelphia, 23 Sept,1952, menang KO ronde ke-13

Jersey Joe Walcott, Chicago, 19 Mei 1953, menang KO ronde ke-1

Roland LaStarza, New York, 15 Mei 1963, menang TKO ronde ke-11

Ezzard Charles, New York, 17 Juni 1954, menang angka

Ezzard Charles, New York, 17 Sept. 1854, menang KO ronde ke-8

Don Cockell, New York, 16 Sept, 1955, menang TKO ronde ke-9

Archi Moore, New York, 21 September 1955, menang KO ronde ke-9

Tidak ada komentar: